Skip to main content

Beasiswa Penuh D3, S1, S2, S3 Di Brunei 2018-2019





Posted: 09 Jan 2018 02:04 AM PST

Beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam untuk jenjang Diploma, S1, S2, dan S3. Beasiswa Brunei 2018-2019 ini merupakan beasiswa penuh yang mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penerbangan, buku, dan lain-lain.

Deadline 28 Februari 2018

Program Studi Beasiswa Brunei 2018-2019

Ada banyak sekali program studi yang bisa dipilih pada program beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam. Berikut ini empat perguruan tinggi yang bekerja sama dengan program beasiswa tersebut, klik untuk melihat program studi yang tersedia.

CATATAN: cek persyaratan khusus dari program studi tujuan pada website universitas tersebut.

Komponen dan Nilai Beasiswa Brunei 2018-2019

Beasiswa Brunei 2018-2019 ini mencakup:

  • Biaya pendidikan (tuition fees, juga termasuk uang masuk, uang ujian, registrasi, dan orientasi).
  • Tiket pesawat kelas ekonomi dari negara asal ke Brunei Darussalam dan sebaliknya.
  • Biaya hidup per bulan sebesar 500 $BND.
  • Biaya makan per bulan sebesar 150 $BND.
  • Biaya buku per tahun sebesar 600 $BND.
  • Biaya bagasi senilai 250 BND.
  • Akomodasi.
  • Asuransi komprehensif.

Kualifikasi Pelamar Beasiswa Brunei 2018-2019

Pelamar beasiswa Pemerintah Brunei Darussalam harus memenuhi kriteria:

  • Aplikasi terbuka pada, namun tidak terbatas untuk, warga negara ASEAN serta negara anggota Commonwealth and OIC.
  • Pelamar harus dinominasikan oleh pemerintahnya.
  • Memiliki kesehatan yang baik untuk menjalankan beasiswa dan studi di Brunei Darusslam. Hal ini dibuktikan dengan keterangan dari dokter berkualifikasi yang teregistrasi di otoritas pemerintah yang berwenang, sebelum sampai di Brunei Darussalam.
  • Berusia 18 – 25 tahun untuk program Diploma dan Sarjana. Berusia maksimal 35 tahun untuk program Pascasarjana. Batas usia maksimal tertanggal 31 Juli 2018.
  • Bukan pemegang ijin tinggal permanen di Brunei Darussalam.
  • Bersedia segera pulang ke negara asalnya setelah studi selesai.

Beswan tidak boleh menerima beasiswa (termasuk fellowship), hibah (grants), dan pinjaman (loan) lainnya, tanpa seijin pemerintah Brunei Darussalam (melalui Ministry of Foreign Affairs and Trade). Beswan tidak dapat membawa anggota keluarga lainnya, dan tidak boleh bekerja (digaji) selama masa beasiswa.

Berkas Persyaratan dan Proses Pendaftaran

Untuk melamar Beasiswa Brunei 2018-2019 dokumen yang harus disiapkan:

Selain formulir pendaftaran, pelamar juga harus mengirimkan:

  • Foto terbaru ukuran paspor.
  • Kopian dokumen dilegalisir yang menunjukkan kualifikasi akademik dan dokumen pendukung lainnya, serta terjemahan (resmi dan dilegalisir) dokumen-dokumen tersebut dalam bahasa Inggris. Misalnya, ijazah, Surat Rekomendasi, sertifikat, dan trasnkrip nilai.
  • Statement of Pupose.
  • Kopian resmi Akta Kelahiran dan Paspor.
  • Security Vetting.

Seluruh berkas pendaftaran dikirim via email ke:

applyBDGS2018@mfa.gov.bn

Pelamar yang mendaftar ke Universiti Brunei Darussalam juga melengkapi pendaftaran online melalui https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Catatan: SEBELUM mengirim berkas persyaratan ke Pemerintah Brunei, pelamar harus meminta persetujuan dulu ke Kedutaan Besar Brunei (Kementerian Luar Negeri). Formulir Nominasi dari kedutaan tersebut sudah ada dalam formulir pendaftaran. Kirimkan juga seluruh berkas persyaratan ke Kedutaan Besar Brunei tersebut. Formulir yang tidak disetujui oleh Kedutaan Besar Brunei di Indonesia tidak akan diproses dalam seleksi beasiswa ini.

Seluruh berkas harus sudah dikirim ke applyBDGS2018@mfa.gov.bn paling lambat tanggal 28 Februari 2018 pukul 16.00 Waktu Brunei. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi:

Technical Assistance Unit
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam

Tel: +673 2261177 ext. 155
Fax: + 673 2261250
E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Sebelum mengajukan pertanyaan, pelajari informasi selengkap-lengkapnya di website resmi: http://www.mofat.gov.bn/Pages/BDScholarship.aspx, Formulir Pendaftaran, dan website program studi yang dituju.



Comments

Popular posts from this blog

Online free course

Di zaman internet ini belajar menjadi sangat murah. Berbagai sumber menarik dan gratis: (1) https://alison.com/ Kursus online dengan diploma: kursus bahasa, membuat web, psikologi, project management dll. (2) www.blinklist.com Anda bisa baca ringkasan buku-buku terbaru dari berbagai topik, bisa dibaca di telepon genggam Anda. (3) http://blogs.hbr.org Blog dari Harvard Business Review yang memberi tips praktis dari top business leaders yang bisa Anda terapkan. (4) www.coursera.org Kursus gratis dari Standford Univ, Princeton Univ, dll. Anda bisa mencari topik yang Anda inginkan, dan mendengarkan penjelasan dsn perkembangan terakhirnya. (5) http://e-resources.perpusnas.go.id/ Perpustakaan Nasional RI membuka keanggotaan online gratis. Ada buku dari perpustakaan Cambridge Univ, Princeton Univ, American Library Association, Amsterdam Univ dll. Tersedia juga “open course” dari berbagai universitas bergengsi: Open Yale Courses, Harvard Medical School Open Courseware, We...

Dokumen dan Pengalaman Mutasi PNS Antar Kementerian: Dari Kemenristek ke Kemendikbud

  Artikel ini adalah pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Mungkin ada beberapa kesesuaian atau ada hal yang berbeda jika diterapkan pada kasus yang lain. Silakan diambil jika memang ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Daftar isi: Apa itu mutasi pns? Apakah memungkinkan mutase antar lembaga atau daerah? Persyaratan umum Berapa lama prosesnya? Pengalaman saya Dokumen yang perlu dipersiapkan   Apa itu mutasi PNS? Mutasi dalam hal ini adalah pindah tugas. Sederhananya seorang pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara bisa dipindahtugaskan dari satu lembaga pemerintah ke lembaga pemerintah yang lain dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara(BKN). Berdasarkan pada Perka BKN No.5 tahun 2019 , mutasi adalah perpindahan tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) instansi pusat, antar-instansi pusat, 1 (satu) instansi daerah, antar-intansi pusat dan instansi daerah, dank ke perwakilan n...

Yang Perlu Dilakukan Setelah Mutasi di Kantor Baru

  Tulisan sebelumnya tentang proses mutasi dan dokumen yang diperlukan. Pada tulisan ini akan saya ceritakan apa saja yang perlu dilakukan jika sudah mendapatkan SK mutasi dari BKN Secara umum ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah SK mutasi didapatkan Menyalin dan scan dokumen.  Menyampaikan salinan dokumen ke pihak terkait Berkoordinasi dengan Biro kepegawaian instansi asal dan tujuan Melaporkan tanggal mulai bekerja di kantor tujuan Selain itu ada beberapa hal/dokumen yang perlu diurus agar proses pasca mutasi berjalan baik Absensi Gaji SKP SPT Dokumen lain Ibarat sebagai pegawai baru, seorang PNS yang baru mutasi adalah pegawai baru di kantor tersebut. Oleh sebab itu baik-baiklah selama bekerja dan bersosialisasi dengan teman kantor dan atasan yang baru