Skip to main content

PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA D4-S1 KE AMERIKA SERIKAT OLEH AMINEF


Posted: 17 Nov 2017 11:42 PM PST

Bagi anda mahasiswa D4 atau S1, saat ini terdapat beasiswa pertukaran mahasiswa yang dapat anda ikuti. Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD Program) diselenggarakan oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) dengan pendanaan dari Biro Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS. Program pertukaran mahasiswa D4/S1 ini bersifat beasiswa penuh dan dilaksanakan selama satu semester pada perguruan tinggi Amerika Serikat yang telah ditentukan.  Program Global UGRAD rutin ditawarkan setiap tahunnya bagi seluruh mahasiswa S1 Indonesia, baik dari universitas negeri maupun swasta.

Tentunya selain bisa merasakan dan menjalani perkuliahan sebagai mahasiswa di universitas Amerika Serikat, anda juga akan mendapatkan berbagai pengalaman. Seperti kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat, orientasi kedatangan dan workshop saat program berakhir. Selama masa studi di Amerika, anda akan menempati fasilitas perumahan kampus bersama mahasiswa lainnya. Selain itu, anda juga berkesempatan menambah relasi internasional yang akan berguna nantinya.

Program pertukaran mahasiswa ini bersifat full scholarship, yang telah meliputi biaya perjalanan internasional, uang perkuliahan, akomodasi, asuransi kecelakaan/kesehatan, tunjangan bulanan, serta biaya buku. Peserta juga diwajibkan mendaftar pada dua bidang studi dari jurusan yang sama dengan di universitas asal serta minimal satu bidang studi yang berhubungan dengan Amerika Serikat (sejarah/sastra/seni/atau pemerintahan Amerika).

Persyaratan:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Berusia minimal 18 tahun.

3. Merupakan mahasiswa D4/S1 dari universitas negeri atau swasta di Indonesia. Telah menyelesaikan minimal semester pertama. Lebih diutamakan bagi mereka yang sedang menempuh semester tiga atau lima.

4. Menunjukkan potensi kepemimpinan melalui prestasi akademik, keterlibatan dalam masyarakat/komunitas, dan kegiatan ekstrakurikuler.

5. Menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan skor TOEFL ITP atau Tes Prediksi TOEFL minimal 500 (diperoleh dalam waktu dua tahun terakhir).

6. Berkomitmen untuk langsung kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan program pertukaran Global UGRAD Program.

7. Bukan merupakan warganegara atau berdomisili di Amerika Serikat.

8. Saat ini tidak sedang menempuh pendidikan, tinggal atau bekerja di luar Indonesia.

9. Bukan merupakan anggota keluarga dari pegawai Departemen Luar Negeri AS, USAID, AMINEF, dan World Learning.

Berkas pendaftaran yang dibutuhkan:
1. Dua surat referensi akademik, satu dari dosen jurusan yang bersangkutan, dan yang satu bisa berasal dari dosen lain, atasan, pelatih, atau pimpinan/pengawas kegiatan di masyarakat.

2. Fotocopy KTP.

3. Transkrip nilai terbaru dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Note: Seluruh berkas pendaftaran diatas harap disiapkan dalam bahasa Inggris. Scan berkas dokumen diatas untuk diupload pada aplikasi online.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar program pertukaran mahasiswa oleh Global UGRAD, peserta dapat melengkapi form aplikasi online pada link berikut: Online Application.

Link aplikasi online di atas dapat diakses  pada tanggal 1 November 2017 dan ditutup pada 31 Desember 2017.

Pada Form Aplikasi Online, anda dapat membuat akun terlebih dahulu kemudian mengupload hasil scan berkas dokumen di atas. Kemudian anda dapat menginformasikan pada staf AMINEF via email dengan melampirkan hasil scan TOEFL ITP/Tes Prediksi TOEFL kepada: info.scholarship@aminef.or.id, dengan subject email: "[Nama Lengkap Anda] – Completed Global UGRAD Online Form".

Informasi lebih detail dapat ditanyakan melalui email: info.scholarship@aminef.or.id atau mengunjungi website resmi: www.worldlearning.org/ugrad. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.




Comments

Popular posts from this blog

Online free course

Di zaman internet ini belajar menjadi sangat murah. Berbagai sumber menarik dan gratis: (1) https://alison.com/ Kursus online dengan diploma: kursus bahasa, membuat web, psikologi, project management dll. (2) www.blinklist.com Anda bisa baca ringkasan buku-buku terbaru dari berbagai topik, bisa dibaca di telepon genggam Anda. (3) http://blogs.hbr.org Blog dari Harvard Business Review yang memberi tips praktis dari top business leaders yang bisa Anda terapkan. (4) www.coursera.org Kursus gratis dari Standford Univ, Princeton Univ, dll. Anda bisa mencari topik yang Anda inginkan, dan mendengarkan penjelasan dsn perkembangan terakhirnya. (5) http://e-resources.perpusnas.go.id/ Perpustakaan Nasional RI membuka keanggotaan online gratis. Ada buku dari perpustakaan Cambridge Univ, Princeton Univ, American Library Association, Amsterdam Univ dll. Tersedia juga “open course” dari berbagai universitas bergengsi: Open Yale Courses, Harvard Medical School Open Courseware, We...

Dokumen dan Pengalaman Mutasi PNS Antar Kementerian: Dari Kemenristek ke Kemendikbud

  Artikel ini adalah pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Mungkin ada beberapa kesesuaian atau ada hal yang berbeda jika diterapkan pada kasus yang lain. Silakan diambil jika memang ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Daftar isi: Apa itu mutasi pns? Apakah memungkinkan mutase antar lembaga atau daerah? Persyaratan umum Berapa lama prosesnya? Pengalaman saya Dokumen yang perlu dipersiapkan   Apa itu mutasi PNS? Mutasi dalam hal ini adalah pindah tugas. Sederhananya seorang pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara bisa dipindahtugaskan dari satu lembaga pemerintah ke lembaga pemerintah yang lain dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara(BKN). Berdasarkan pada Perka BKN No.5 tahun 2019 , mutasi adalah perpindahan tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) instansi pusat, antar-instansi pusat, 1 (satu) instansi daerah, antar-intansi pusat dan instansi daerah, dank ke perwakilan n...

Yang Perlu Dilakukan Setelah Mutasi di Kantor Baru

  Tulisan sebelumnya tentang proses mutasi dan dokumen yang diperlukan. Pada tulisan ini akan saya ceritakan apa saja yang perlu dilakukan jika sudah mendapatkan SK mutasi dari BKN Secara umum ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah SK mutasi didapatkan Menyalin dan scan dokumen.  Menyampaikan salinan dokumen ke pihak terkait Berkoordinasi dengan Biro kepegawaian instansi asal dan tujuan Melaporkan tanggal mulai bekerja di kantor tujuan Selain itu ada beberapa hal/dokumen yang perlu diurus agar proses pasca mutasi berjalan baik Absensi Gaji SKP SPT Dokumen lain Ibarat sebagai pegawai baru, seorang PNS yang baru mutasi adalah pegawai baru di kantor tersebut. Oleh sebab itu baik-baiklah selama bekerja dan bersosialisasi dengan teman kantor dan atasan yang baru