Skip to main content

dedikasi

*A nice story*....

Suatu ketika, pimpinan *Mercedes Benz*, sebut saja Mr Benz menelpon seorang tukang ledeng yang direkomendasikan temannya untuk memperbaiki kran air yang bocor di rumahnya.         Temannya bilang bahwa tukang ledeng yang satu ini bisa diandalkan.

Ketika dihubungi ternyata sang tukang ledeng sedang banyak pekerjaan & baru bisa datang dua hari lagi. Akhirnya Mr Benz setuju untuk menunggu dua hari.

Keesokan harinya, sang tukang ledeng menghubungi Bos Mercy lagi, sekedar menyampaikan terima kasih krn bersedia menunggu 1 hari lagi (karena besok baru akan datang). Sang Bos pun terkesan atas pelayanan & cara berbicara sang tukang ledeng tersebut.

Pada hari yang disepakati, sang tukang ledeng datang ke rumah tersebut untuk memperbaiki kran yang bocor.

Setelah diutak-atik sana-sini, kran pun selesai diperbaiki & sang tukang ledeng pun pulang setelah menerima pembayaran atas jasanya.

Sekitar 2 minggu setelah itu, sang tukang ledeng menghubungi Mr Benz lagi untuk sekedar menanyakan apakah kran yang diperbaiki sudah benar-benar beres atau masih ada masalah?

Mr Benz berpikir orang ini luar biasa, walaupun cuma tukang ledeng tetapi begitu memperhatikan kepuasan pelanggan.

Beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut sang tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya. Tentu saja sang tukang ledeng kaget, apalagi sebelumnya ia tidak tahu bahwa orang ysng dibantunya itu adalah pimpinan sebuah perusahaan otomotif terbesar di dunia.

Pertanyaanya, kira2 pekerjaan apa untuknya sekarang? Apakah tukang tersebut akan diangkat menjadi pengawas saluran air perledengan di pabrik Mercedez ? Apakah keahlian di bidang pipa yg membuatnya direkrut?

*TIDAK!*

Bukan keahliannya sebagai tukang pipa yang membuatnya mendapat posisi baru, tapi dedikasinya yang ingin selalu membuat pelanggannya puaslah yang membuatnya menjadi pegawai terhormat.

Tukang ledeng ini bernama :
*Christopher L. Jr.*
Ia direkrut utk mengurusi customer Mercedes Benz, dengan tujuan utama agar pemilik mobil Mercedez puas atas pelayanan perusahaan otomotif tersebut.

Dengan pekerjaan barunya, sang tukang pipa kini harus mengembangkan bakatnya di bidang kepuasan pelanggan. Sebuah bidang yg sebelumnya sama sekali tak terpikirkan sbg pekerjaaannya.

Sang tukang pipa tidaknya menyangka keramahannya melayani pelanggan & keinginannya memuaskan pelanggan, ternyata merupakan keahlian yang sangat berharga & langka.

*Karena keahlian itu bukan hanya menyangkut ilmu, tapi hati manusia.*

Tak terpikir olehnya, sebuah sikap yg dianggap sekedar nilai tambah (value) bagi suatu pekerjaaan, ternyata mempunyai *nilai besar*.

Karirnya melesat hingga dia menjabat sebagai *General Manager di Customer-Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz!*

Suatu lompatan yg tinggi bagi seorang tukang pipa ledeng......

Oleh karena itu seriuslah terhadap setiap pekerjaan ataupun pelayanan. Lakukanlah dg sepenuh hati & dg hati, lakukan dg bermutu & dedikasi yg tinggi. Terlebih lagi kalau itu diniatkan ibadah, yakni dlm rangka melayani Tuhan..

Comments

Popular posts from this blog

Online free course

Di zaman internet ini belajar menjadi sangat murah. Berbagai sumber menarik dan gratis: (1) https://alison.com/ Kursus online dengan diploma: kursus bahasa, membuat web, psikologi, project management dll. (2) www.blinklist.com Anda bisa baca ringkasan buku-buku terbaru dari berbagai topik, bisa dibaca di telepon genggam Anda. (3) http://blogs.hbr.org Blog dari Harvard Business Review yang memberi tips praktis dari top business leaders yang bisa Anda terapkan. (4) www.coursera.org Kursus gratis dari Standford Univ, Princeton Univ, dll. Anda bisa mencari topik yang Anda inginkan, dan mendengarkan penjelasan dsn perkembangan terakhirnya. (5) http://e-resources.perpusnas.go.id/ Perpustakaan Nasional RI membuka keanggotaan online gratis. Ada buku dari perpustakaan Cambridge Univ, Princeton Univ, American Library Association, Amsterdam Univ dll. Tersedia juga “open course” dari berbagai universitas bergengsi: Open Yale Courses, Harvard Medical School Open Courseware, We...

Dokumen dan Pengalaman Mutasi PNS Antar Kementerian: Dari Kemenristek ke Kemendikbud

  Artikel ini adalah pendapat saya pribadi berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Mungkin ada beberapa kesesuaian atau ada hal yang berbeda jika diterapkan pada kasus yang lain. Silakan diambil jika memang ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Daftar isi: Apa itu mutasi pns? Apakah memungkinkan mutase antar lembaga atau daerah? Persyaratan umum Berapa lama prosesnya? Pengalaman saya Dokumen yang perlu dipersiapkan   Apa itu mutasi PNS? Mutasi dalam hal ini adalah pindah tugas. Sederhananya seorang pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara bisa dipindahtugaskan dari satu lembaga pemerintah ke lembaga pemerintah yang lain dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara(BKN). Berdasarkan pada Perka BKN No.5 tahun 2019 , mutasi adalah perpindahan tugas dan/atau lokasi dalam 1 (satu) instansi pusat, antar-instansi pusat, 1 (satu) instansi daerah, antar-intansi pusat dan instansi daerah, dank ke perwakilan n...

Yang Perlu Dilakukan Setelah Mutasi di Kantor Baru

  Tulisan sebelumnya tentang proses mutasi dan dokumen yang diperlukan. Pada tulisan ini akan saya ceritakan apa saja yang perlu dilakukan jika sudah mendapatkan SK mutasi dari BKN Secara umum ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah SK mutasi didapatkan Menyalin dan scan dokumen.  Menyampaikan salinan dokumen ke pihak terkait Berkoordinasi dengan Biro kepegawaian instansi asal dan tujuan Melaporkan tanggal mulai bekerja di kantor tujuan Selain itu ada beberapa hal/dokumen yang perlu diurus agar proses pasca mutasi berjalan baik Absensi Gaji SKP SPT Dokumen lain Ibarat sebagai pegawai baru, seorang PNS yang baru mutasi adalah pegawai baru di kantor tersebut. Oleh sebab itu baik-baiklah selama bekerja dan bersosialisasi dengan teman kantor dan atasan yang baru